PIODALAN RING PURA BATUR DESA GALOER 20 Maret 2011

pura baturBertepatan dengan Puranamning Ke Dasa, Sabtu 19 Maret 2011 kemarin, Pujawali atau Piodalan di Pura Batur (Desa) di mulai ditandai dengan dimulainya pailen upakara-upacara nyujukang tenjor dan seruntutannya, kemudian dilanjutkan dengan Mecaru dan seterusnya. Hal ini sudah dimulai sejak pagi hari, yang kemudian dilanjutkan dengan upacara Melasti ke Permandian Suci Pakerisan yang terletak di sebelah Selatan Pura yang dimaksudkan untuk pembersihan segala sesuatu yang terkait dengan upakara yang akan dilaksanakan, sekaligus untuk pembersihan sugra Pakulun Ida Bhatara-Bhatari sinamaian beserta ancang iringan Ida. Di samping itu juga untuk membersihkan segala sesuatu (semua) ciptaanNya segala isi Alam termasuk manusianya. Hal ini biasa dilakukan setiap kali ada upacara upakara di setiap tempat Suci Hindu dimanapun di Bali.

06

Jro Mangku Batur

Kemudian pada malam harinya, dilaksanakan juga segala sesuatunya dalam rentetan upacara piodalan seperti tari-tarian, baik itu tarian Dresta dan Hiburan dan berbagai macam kesenian lainnya.  Bahkan kesenian Magegitan dilakukan setiap malam sekitar sebulan sebelum piodalan ini dilaksanakan, hal ini terjadi karena pada Piodalan kali ini berlangsung juga Upacara Pemelaspas Palinggih yang sudah rampung perbaikannya beberapa minggu sebelumnya.

08

Meru

Sedangkan untuk acara nanti malam, tetap akan dilakukan seperti biasanya, dimana akan diadakan juga pagelaran beberapa kesenian yang dimiliki oleh Desa Pekraman. Para pamedek yang tinggal di daerah perkotaan atau dari Desa lain bahkan sudah melakukan Penangkilan di hadapan Ida Bhatara sejak pagi hari, bahkan mungkin acara ini akan berlangsung terus sampai malam. Menurut kebiasaan yang ada, pada acara Piodalan kali inipun, Ida Bhatara akan Nyejer selama 3 hari terhitung mulai kemarin, hal ini dimaksudkan agar para warga di lain daerah atau para warga yang tidak sempat melaksanakan persembahyang pada hari kemarin maka akan sempat melakukannya pada 3 hari kedepan, sampai pada pelebaran piodalan yaitu pada hari Selasa, 22 Maret 2011 nanti.

09

Di bawah ini saya tampilkan beberapa foto terkait dengan persiapan-persiapan upacara yang akan dilanjutkan mulai besok  , dimana para Juru termasuk Bendesa Adat yang sangat sibuk dalam mengatur semua aktivitas demi kelancaran upacara dan upakara Piodalan, dan beberapa foto Pura Batur dari beberapa sisi.

010203040510111213

Dikutip dari :

http://wiastra.wordpress.com/2011/03/20/piodalan-ring-pura-batur-desa-galoer-2011/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s