Jumlah pura di bali

Mengenal Bali pastinya akan tidak jauh dari sebutan Pulau yang dijuluki dengan nama Pulau Seribu Pura. Tapi tahukah kamu berapa jumlah pura Di Bali ? selengkapnya Dari data Departemen Agama Provinsi Bali tahun 2012 ada 4.356 pura kahyangan 3 dari setiap wilayah yang ada di Pulau Bali. Selain itu terdapat 723 buah pura kahyangan jagat dan 923 buah kawitan. Bila ditotal keseluruhan maka jumlahnya mencapai 6.002 buah pura. Banyak sekali ya?

Di Bali sendiri ada beberapa kategori pengelompokan pura. Jumlah pengelompokannya ada   4 bagian pengelompokan yang terdiri dari :

  • Pura Kawitan : merupakan pura yang didirikan dan digunakan untuk memuja para roh-roh dari  leluhur yang memiliki satu garis keturuan  dalam hal genetika. Contohnya adalah Pura panti, Dadya, dan Paibon.
  • Pura Kahyangan Tiga : merupakan yang selalu ada di setiap desa adat di daerah Pulau Bali. Pura ini digunakan untuk  Ida sang Hyang Widhi Wasa. Contoh dari pura ini adalah Pura Desa, Pura Dalem, dan Pura Puseh.
  • Pura Kahyangan Jagat atau Umum : Ini merupakan pura yang status dari pemujanya sangat umum dan terdiri dari berbagai macam golongan. Contohnya Pura Purusada, Pura Besakih, Pura Goa Lawah, Pura Wayah Dalem majapahit, Pura Uluwatu, dan masih banyak lagi.
  • Pura Swagina : merupakan pura yang didirikan oleh golongan kelompok tertentu yang saling terikat dalam profesi yang sama serta memiliki satu mata pencaharian. Misalnya Pura Subak oleh petani dan Pura melanting untuk para Pedagan

dikutip dari : http://blog.kutaraya.com/page/79/Jumlah-Pura-di-Seluruh-Wilayah-Pulau-Bali

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s