Pura Sakenan

pura sakenanPulau Serangan, lebih dikenal sebagai Pulau Penyu, adalah sebuah pulau dengan luas hanya 379 hektar dan berjarak 250 meter di lepas pantai tenggara Bali, denpasar selatan. Ukuran pulau tersebut kira-kira 112 hektar sebelum dilakukannya reklamasi di akhir tahun 90-an yang merupakan proyek jalan yang menghubungkan pulau tersebut ke Bali. Pantai di pulau ini merupakan salah satu tempat yang disukai untuk berselancar. Pulau Serangan juga terkenal bagi masyarakat Bali sebagai lokasi Pura Sakenan, salah satu Pura yang paling banyak dikunjungi untuk kegiatan keagamaan di bagian selatan Bali.

Menurut sejarah, Pura Sakenan dibangun oleh Mpu Kuturan pada abad ke-10. Beliau adalah seorang Pendeta Hindu dari Kerajaan Majapahit yang datang ke Bali sebelum jatuhnya Kerajaan Majapahit. Pura ini terdiri dari dua bagian yang terpisah, bagian yang besar telah direnovasi tetapi pagar yang terbuat dari batu belum direnovasi dan bagian yang kecil adalah warisan dari masa lampau. Bangunan kuno Pura ini dibangun dengan menggunakan batu kapur dan karang merah. Di halaman Pura terdapat dua pohon besar dan tinggi, yang mengenakan kain kotak-kotak hitam dan putih karena pohon ini dianggap sebagai tempat tinggal dari roh-roh yang menjaga Pura.

Pada malam hari biasanya orang-orang datang untuk memancing di pantai mangrove di sisi Pura. Ratusan umat dari seluruh Bali akan mengunjungi Pura pada Hari Kuningan, karena pada hari ini merupakan hari rahinan di Pura ini. Kuningan adalah hari yang dikhususkan untuk Dewa Wisnu yang membawa kesejahteraan bagi dunia. Untuk umat Hindu di Bali, Kuningan adalah suatu waktu dimana para leluhur kembali ke langit setelah barada di Bumi.
dikutip dari : http://www.pawongan.com/id/bali-tour-destination/temple/sakenan-temple-serangan/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s